Ikuti Terus Update Kami

We'll not spam mate! We promise.

Selasa, 17 September 2013

Tempat Objek Wisata di Sumatera Selatan

Tempat Objek Wisata di Sumatera Selatan - Sumatera Selatan merupakan salah satu propinnsi yang ada di Negara Indonesia dan terletak pada bagian selatan dari Pulau Sumatera. Propinsi ini beribukotakan Palembang. Secara geografis letak dari propinsi Sumatera Selatan ini berbatasan dengan propinsi sumatera yang lainnya seperti propinsi Jambi di sebelah utara, propinsi Kep. Bangka Belitung di sebelah timur, propinsi Lampung di sebelah selatan dan Propinsi Bengkulu yang ada di barat.

Sumatera Selatan juga memiliki beberapa tempat atau objek wisata yang menarik dan termasuk wisata favorit di Indonesia. Wisatawan lokal ataupun wisatawan asing tiap tahunnya memadati kota Palembang hanya  sekedar ingin berpaeriwisata . Ini adalah daftar tempat wisata tersebut yang paling serng di kunjungi. Tempat Objek Wisata di Sumatera Selatan

Jembatan Ampera

Sungai Musi menghubungkan kota Palembang bagian ulu dengan ilir. Sungai yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia ini mempunyai keunikan tersendiri. Kehidupan masyarakat tergambar di sungai Musi. Ada pasar terapung, counter pulsa terapung, rumah makan terapung hingga pom bensin terapung. Sekarang ini sudah tersedia banyak transportasi sungai, baik yang khas daerah seperti ketek (perahu kecil) hingga kapal Putri Kembang Dadar. Bila berkunjung ke Palembang tidak ke Sungai Musi, sama saja belum pernah ke Palembang.

Di atas sungai Musi ini membentang Jembatan Ampera yang terkenal. Di salah satu pinggiran sungai, ada Benteng Kuto Besak (BKB) yang merupakan salah satu obyek wisata sejarah. Bila menyusuri sungai Musi, biasanya sekalian mampir ke Pulau Kemaro, pulau yang merupakan delta sungai Musi. Pulau Kemaro mempunyai sejarah dan kisah yang unik dan legendaris. Bahkan setiap kali event Cap Go Me, masyarakat keturunan Tionghoa banyak kegiatan di Pulau ini. Ya, Sungai Musi, sungai yang menarik untuk ditelusuri.
Jembatan Ampera


Rumah Limas

Propinsi Sumatera Selatan mempunyai rumah tradisional dengan nama rumah bari. Dilihat dari segi arsitekturnya, rumah bari berbentuk panggung dari bahan kayu. Biasa juga disebut rumah limas karena bentuk atapnya yang berupa limasan.

Kondisi alam Sumatera Selatan akrab dengan perairan tawar baik rawa maupun sungai. Hal ini berpengaruh dengan rumah yang dibuat oleh masyarakat wong kito. Di tepian Sungai Musi masih banyak ditemukan rumah limas yang dibangun menghadap sungai.


Rumah panggung khas Palembang yang berada di tepi Sungai Musi
Bentuk rumah panggung yang agak tinggi secara fungsional cocok untuk mengatasi kondisi rawa dan sungai di Palembang. Dari bentuknya terdapat dua jenis rumah limas yaitu yang dibangun dengan ketinggian lantai berbeda dan sejajar.
Rumah Limas

Makam Ki Gede Ing Suro

Palembang yang merupakan ibukota dari propinsi Sumatera Selatan ternyata menyimpan berbagai objek wisata yang menarik. Selain itu, Palembang juga memiliki berbagai tempat wisata yang unik, seperti makam-makam para tokoh. Makam Ki Gede Ing Suro

Makam Ki Gede Ing Suro terletak di Kelurahan 1 ilir Kecamatan ilir Timur II dibangun pada pertengahan abad XVI. Di sini terdapat 8 bangunan yang berisi 38 buah kuburan diantaranya terdapat kuburan Ki Gede Ing Suro yang merupakan cikal bakal Raja-raja Palembang.

Menurut sejarah pada abad 16 seorang bangsawan Jawa bernama Sido Ing Lautan datang ke Palembang bersama para pengikutnya. Kemudian beliau digantikan oleh puteranya yang bernama Ki Gede Ing Suro pada tahun 1552 dan mendirikan Kerajaan Palembang.
Makam Ki Gede Ing Suro

Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan Wisata Punti Kayu, sebuah hutan wisata kota yang terletak sekitar 7 km dari pusat kota dengan luas 50 ha dan sejak tahun 1998 ditetapkan sebagai hutan lindung. Didalam hutan ini terdapat area rekreasi keluarga dan menjadi tempat hunian sekelompok monyet lokal.

Hutan wisata ini merupakan tempat untuk menyegarkan jiwa dan raga pada akhir pekan atau hari libur. Di taman yang dikelola Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan ini, anak-anak bisa menaiki gajah, mandi di kolam renang, melihat kebun binatang mini dan museum fauna, atau sekadar duduk-duduk di antara pepohonan pinus. Pada hari-hari libur acapkali dimeriahkan hiburan yang diisi para artis lokal maupun dari luar kota.

Punti Kayu

Masjid Agung Palembang

Masjid dengan ukuran yang sangat besar dan megah memang selalu dapat menjadi sebuah ikon ataupun simbol bagi sebuah kota, khususnya di kota-kota di Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Oleh karena itu, tidak jarang kita temukan kota-kota di Indonesia dengan masjid-masjid besarnya masing-masing, mengingat bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat muslim terbanyak di dunia. Ternyata, sebuah masjid besar dan megah yang sering menjadi ikon sekaligus obyek wisata juga ada di Kota Palembang yang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Masjid ini diberi nama Masjid Agung Palembang dan terletak di Jalan K.H. Faqih Usman, 

Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Seperti halnya masjid agung atau raya di kota-kota lain di Indonesia pada umumnya, obyek wisata Masjid Agung Palembang ini juga memiliki ukuran yang sangat luas, tepatnya seluas 5.520 meter persegi untuk bangunan masjidnya saja. Masjid yang dibangun pada masa pemerintahan Sultah Mahmud Badaruddin I tepatnya mulai dari tahun 1738 sampai dengan tahun 1748 ini telah mengalami renovasi sebanyak 6 kali, dari yang asalnya hanya seluas 1.080 meter persegi hingga menjadi 5,520 meter persegi seperti sekarang ini. Uniknya, arsiteksur dari obyek wisata Masjid Agung Palembang ini merupakan gabungan dari arsitektur bergaya Cina pada atapnya atau kubahnya dan arsitektur bergaya Erop pada elemen-elemen lainnya di masjid ini. Bahkan, beberapa bahan bangunan yang dipakai untuk membangun masjid ini pun diimpor langsung dari Eropa. Itulah sebabnya mengapa obyek wisata Masjid Agung Palembang ini cukup menarik untuk dikunjungi, khususnya bagi mereka yang beragama Islam. 
Masjid Agung Palembang

Goa Putri

Goa Putri berada di desa Padang Bindu, kecamatan Semidang Aji. Untuk mencapai lokasi butuh waktu sekitar enam jam dari kota Palembang. Dengan rincian lima jam perjalanan ke Baturaja dan sekitar satu jam dari Baturaja menuju Goa Putri. Mengenai tarif transportasi lumayan cukup terjangkau. Oleh karenanya banyak wisatawan yang berkung di tempat wisata favorit ini
Goa Putri

Kebun Binatang Sriwijaya

Kebun Binatang Sriwijaya merupakan salah satu tempat rekreasi bagi warga Palembang dan daerah lainnya di Sumatera Selatan. Di tengah terbatasnya tempat wisata keluarga di provinsi itu, kebun binatang ini sebenarnya merupakan pilihan menarik karena lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota.
Satwa di Kebun Binatang Sriwijata

Arung Jeram Sungai Manna

Pagar Alam, Sumatera Selatan - Arung jeram merupakan perpaduan antara wisata dan olahraga. Sungai Manna di wilayah Kecamatan Tanjungsakti Kabupaten Lahat, atau sekitar 40 km dari kota Pagaralam, Sungai Manna yang membelah bagian Selatan Provinsi Bengkulu ini bagian hulunya berada di wilayah Sumatera Selatan. Kondisi geografis wilayah sebelah
arus jeram sungai manna - sumsel

Sungai ini memiliki tingkat kesulitan bervariasi, keadaan sungai cukup lebar di bagian awal, sedangkan sepanjang 15 Km berikutnya terdapat jalur sungai yang sempit dan arusnya deras bergemuruh, sehingga cukup menantang bagi penggemar olah raga arung jeram.

Jalur sungai sangat jeram yang berupa patahan (hole) dengan dinding batuan padas di pinggiran sungai, serta keadaan arus di ujung jeram yang membentuk cekungan dan arus memutar. Jeram Sungai Manna mempunyai kategori kesulitan maksimal grade-IV.

Keindahan alam yang berupa tebing-tebing di kiri-kanan sungai menawarkan keindahan alam hutan hujan tropis yang sangat memukau. Lokasi : Kecamatan Tanjungsakti, kabupaten Lahat, sekitar 40 km dari Kota Pagaralam
Sungai Manna

Wisata Danau Ranau

Wisata danau Ranau, yang berada di Kampung Lombok, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat ini cukup menarik untuk masuk ke dalam agenda kunjungan anda. Kawasan ini cukup asri dan jauh dari polusi, apalagi kalau yang biasa tinggal di Jabodetabek, wah pasti seneng banget mengunjugi danau Ranau. Tahun 2007 telah diresmikan oleh Bupati Lam-bar, pusat wisata baru di wilayah Lombok kec.sukau.kab Lampung barat. yang dilengkapi Hotel bertaraf Bintang 3 yang berfasilitas lengkap. maka cocok untuk tempat berwisata bagi keluarga besar anda.
Danau Ranau

Bukit Siguntang 

Bukit Siguntang adalah sebuah tempat bersejarah di Kota Palembang.  Bukit rimbun dan asri yang merupakan titik tertinggi di Kota Palembang ini menyimpan banyak cerita dan misteri.  Sepanjang mata memandang saat memasuki tempat ini hanya terlihat pohon rindang, kursi serta gazebo yang dibangun di sekeliling bukit.  Kesan angker baru akan terasa saat berjalan menuju puncak bukit karena anda akan melihat makam pertama (makam Panglima Tuan DjungDjungan) dari tujuh makam yang ada di bukit ini, makam pertama saat menuju ke pucak bukit ini seolah memberikan pesan selamat datang bagi semua orang yang berkunjung ke sana
Bukit Siguntang

Gunung Dempo

Gunung Dempo merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Sumatera, Indonesia. Gunung Dempo mempunyai ketinggian setinggi 3,195 meter.Gunung Dempo mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Gunung Dempo (3159 mdpl) terletak di perbatasan propinsi Sumatera Selatan dan propinsi Bengkulu. Untuk mencapai desa terdekat, terlebih dahulu anda harus mencapai kota Pagar Alam, kurang lebih 7 jam perjalanan darat dari Palembang. Dari ibukota Sumsel ini tersedia banyak bus ke arah Pagar Alam, salah satunya dengan menggunakan bus Dharma Karya. Atau apabila anda dari Jakarta, sebelumnya dapat menumpang bus jurusan Bengkulu atau Padang
Gunung Dempo

Benteng Kuto Besak

Salah satu dari bangunan-bangunan peninggalan kerajaan tersebut yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah obyek wisata Benteng Kuto Besak yang terletak di sebelah utara Sungai Musi yang merupakan pusat Kota Palembang, Sumatera Selatan. Obyek wisata Benteng Kuto Besak ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Badaruddin atau tepatnya pada tahun 1776-1803 Masehi. Umurnya yang sudah ratusan tahun membuat obyek wisata Benteng Kuto Besak ini menjadi sangat menarik dan memiliki nilai sejarah. Selain itu, kemegahan juga masih bisa terlihat dari benteng dengan tinggi sekitar 9,9 meter dan panjang 288,75 meter serta lebar 183,75 meter ini, apalagi tebalnya mencapai 1,99 meter. Selain itu, di setiap sudut benteng ini juga terdapat bastion atau benteng pertahanan yang salah satunya, yaitu yang di sebelah barat laut, memiliki ukuran yang lebih besar dari ketiga bastion lainnya. Bentuk seperti ini merupakan ciri khas Benteng Kuto Besak. Semua itu tentunya membuat obyek wisata Benteng Kuto Besak menjadi sebuah obyek wisata yang sangat layak untuk dikunjungi, khususnya bagi mereka yang gemar dengan wisata sejarah.
Benteng Kuto Besak

Candi Bumi Ayu

Kawasan Candi Bumi Ayu dikenal dengan situs candi-candi peninggalan Hindu dari aliran Siwa. Dari hasil penggalian para arkeolog, komplek Candi Bumi Ayu ini merupakan candi-candi Hindu terbesar di luar Jawa, dan dari penemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa candi-candi ini merupakan tiruan Candi Prambanan di Jawa Tengah. Objek Wisata Candi Bumi Ayu terletak di Desa Bumiayu, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Muara Enim.
Candi Bumi Ayu

Air Terjun Bidadari

Melihat keunikan dan keindahannya, maka Air Terjun Bidadari dapat menjadi rekomendasi tujuan wisata utama bagi anda yang akan berkunjung ke Kab. Lahat.  Jangan ragu untuk berwisata kepedalaman Sumatera Selatan, karena banyak sekali hal menarik yang bisa anda temui di sana.
Air Terjun Bidadari

Air Terjun Karang Dalam

Lahat, Sumatera Selatan.  Keindahan alam Sumsel khususnya Kab. Lahat tidak pernah ada matinya, namun sayang keindahan itu kurang publikasi, sehingga tidak banyak wisatawan yang mengetahui betapa eksotisnya pesona alam Sumsel.
Air Terjun Karang Dalam

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: memolodys

0 komentar:

Posting Komentar