Ikuti Terus Update Kami

We'll not spam mate! We promise.

Senin, 16 September 2013

Tempat Objek Wisata di Sumatera Barat

Tempat Objek Wisata di Sumatera Barat. Sumatera Barat memang memilki banyak pesona wisata yang mempesona cantik dan sangat bagus. Mulai dari wisata alam pemandangan, gunung , pantai, danau hingga monumen-monumen Nasional. Kami akan menyajikan tempat-tempat wisata favorit yang ada di Sumatera Barat. Sebagai referensi anda mencari informasi dan panduan wisata. Inilah tempat objek wisata di Sumatera Barat :

Jembatan akar

Jembatan akar yang ada di Kecamatan Bayang ini mempunyai potensi wisata bahari dengan pantai yang sangat indah, bukan hanya tempat wisatanya yang menarik melainkan Jembatan akar ini mempunyai sebuah nilai sejarah yang juga tidak kalah menariknya. Tempat ini disebut Jembatan Akar karena jembatan ini memang terbuat dari akar-akar yang dijalin dan saling berhubungan sampai membentuk sebuah jembatan yang berasal dari dua pohon yang letaknya berseberangan dan dipisahkan oleh sungai. Jembatan Akar ini cukup kuat dan dapat digunakan oleh orang-orang yang ingin menyeberangi sungai.
Jembatan Akar

Rumah Gadang Mande Rubiah 

Rumah Gadang Mande Rubiah di Nagari Lunang, Kecamatan Lunang Silaut Kabupaten Pesisir Selatan memiliki keunikkan tersendiri. Karena salah satu tonggak di rumah gadang itu dapat mengeluarkan air.Hal ini telah berlangsung sejak dahulu-dahulunya. Masyarakat percaya bahwa air yang keluar dari tonggak rumah gadang Mande Rubiah ini dapat mengobati berbagai macam penyakit.
Rumah Gadang

Danau Maninjau

Danau Maninjau di Sumatera Barat adalah satu dari danau yang mempunyai panorama menakjubkan di Nusantara. Danau vulkanik ini terletak kurang lebih 461 meter di atas permukaan laut. Dengan ukuran kurang lebih 100 meter persegi dengan kedalaman maksimum 500 meter, danau ini memiliki sebuah legenda yang berkaitan. Berdasarkan legenda di ranah Minang mengenai “Bujang Sembilan”, salah satu di antaranya meninggal dengan cara menceburkan diri ke dalam kawah. Kawah ini kemudian membesar dan di kemudian hari terbentuklah danau di sini .
Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Buya HAMKA, salah satu sastrawan terkenal di Indonesia yang dilahirkan di Desa ini.Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. Danau ini tercatat sebagai danau terluas kesebelas di Indonesia. Sedangkan di Sumatera Barat, Maninjau merupakan danau terluas kedua setelah Danau Singkarak yang memiliki luas 129,69 km².
Danau Maninjau

Istano Basa Pagaruyung

Istano Basa yang lebih terkenal dengan nama Istana Pagaruyung, adalah sebuah istana yang terletak di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar Sumatra Barat. Istana ini merupakan obyek wisata budaya yang terkenal di Sumatera Barat.Istana Pagaruyung dibangun oleh keluarga kerajaan Pagaruyung yang mempunyai ciri khas Minangkabau. Sekalipun istana yang asli sudah terbakar berulang kali, tetapi sudah dibangun kembali replikanya. Istana tersebut berdiri kembali berkat kekompakan orang- orang Minangkabau, termasuk yang di perantauan dengan Gebu Minang. Hamparan padi menghijau yang ada disekitar istana menambah keasrian suasana Istana.
Pagaruyung

Gua Jepang Panorama (Lobang Jepang)

Merupakan bukti kekejaman Penjajahan yang dilakukan oleh Jepang terhadap masyarakat Indonesia yang memiliki panjang 4 Km. Gua ini letaknya persis disamping Ngarai Sianok, atau di bawah Taman Panorama. Menurut cerita, gua ini direncanakan sebagai markas perang Asia untuk wilayah Sumatra. Namun sebelum semua terjadi, Jepang menyerah pada sekutu dan ditinggalkanlah gua ini. Lorong masuknya sangat dalam dan panjang. Ada sekitar 128 anak tangga untuk turun ke bawah sebelum akhirnya para pengunjung dapat melewati ruang demi ruang di Gua Jepang. Semuanya masih dengan jelas dapat dilihat, ada ruang penjara, ruang makan, ruang pengintaian, sampai dengan ruang penyiksaan.
Gua Jepang Panorama


Taman Monumen Bung Hatta

Taman Monumen Bung Hatta berada di samping gedung Istana Bung Hatta Bukittinggi, pada sebuah lereng bukit yang rendah, diteduhi oleh banyak pepohonan besar yang rindang. Dr. (H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta memang dilahirkan di Fort de Kock yang kini namanya menjadi Bukittinggi dimana Taman Monumen Bung Hatta berada, pada 12 Agustus 1902. Perjalanan hidupnya membawanya menjadi seorang pelajar, tokoh pergerakan, pejuang, negarawan, dan Wakil Presiden Indonesia pertama yang kemudian memilih mundur pada 1956, karena berselisih dengan Presiden Soekarno. Bung Hatta juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan, serta dikenal sebagai Bapak Koperasi. Taman Monumen Bung Hatta dibangun untuk memperingati seabad kelahiran putera Minangkabau ini, yang jatuh pada 12 Agustus 2002.
Monumen Bung Hatta

Kerajaan Inderapura

Kerajaan Inderapura merupakan sebuah kerajaan yang berada di wilayah kabupaten Pesisir Selatan, provinsi Sumatera Barat sekarang, berbatasan dengan provinsi Bengkulu dan Jambi. Secara resmi kerajaan ini pernah menjadi bawahan (vazal) Kerajaan Pagaruyung.Hingga kini di jadikan pusat rumah budaya dan pariwisata
Meriam Indrapura

Pulau Cingkuak

Pulau Cingkuak yang bisa disaksikan keindahannya dari Bukit Langkisau merupakan salah satu obyek wisata alam yang harus Anda kunjungi ketika berkunjung ke provinsi Sumatera Barat. Pulau Cingkuak masuk dalam wilayah kota Painan yang merupakan salah satu kota kecil di Sumatera Barat.Sebagian besar penduduk kota Painan berprofesi sebagai petani, nelayan, dan sebagian kecil bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. Pulau Cingkuak mempunyai sejarah yang patut untuk diketahui. Pada abad 16, Pulau Cingkuak merupakan sebuah pelabuhan kapal internasional yang terkenal dengan sebutan Pelabuhan Emas Salido.
Pulau Cingkuak

Benteng Fort de Kock

Benteng Fort de Kock merupakan benteng peninggalan pemerintah kolonial Belanda yang berdiri di atas Bukit Jirek di Kota Bukittinggi, juga salah satu Objek Wisata di Sumatera Barat yang terletak di Kota Bukittinggi, dibangun pada tahun 1825 oleh Kapten Bauer dan digunakan sebagai kubu pertahanan Belanda dalam menghadapi Perang Paderi yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol.
Semula Benteng Fort de Kock ini dinamai Sterrenschans, namun kemudian diubah menjadi Fort de Kock mengikuti nama Baron Hendrick Merkus de Kock, yang saat itu menjabat sebagai Komandan de Roepoen dan Wakil Gubernur Jenderal Pemerintah Hindia Belanda.
Tempat yang paling di rekomendasikan bagi anda yang ingin menikmati segarnya udara dan pemandangan kota Bukittinggi, dan cocok untuk suasana bersantai bagi keluarga. Objek Wisata Bukittinggi yang akan selalu ramai dikunjungi walaupun tidak di hari libur.
Benteng Fort e Kock

Danau Singkarak

Danau Singkarak adalah adalah tempat wisata danau di Sumatera yang terluas, dan terluas kedua di Pulau Sumatera, setelah Danau Toba. Lokasi Danau Singkarak ini terletak di pertengahan antara Kota Solok dan Kota Padang Panjang. Danau Singkarak yang terkenal dengan ikan Bilih ini juga terbilang cukup strategis jika anda ingin berkeliling ke beberapa objek wisata di Sumatera Barat.
Danau Singkarak

Danau Atas Bawah

Danau Atas Bawah atau yang dikenal dengan sebutan Danau kembar di Sumatera Barat. Objek Wisata Danau Atas Bawah ini berada di dekat Kota Alahan Panjang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Danau Di Atas dan Danau Di Bawah terlihat unik karena berada lokasinya yang berdekatan. Bedanya hanya terletak pada ketinggian kedua danau tersebut. Danau Di Atas berada pada ketinggian 1.531 mdpl, sementara dan Danau Di Bawah berada pada ketinggian 1.663 mdpl.

Lokasi Danau ATas Bawah terletak di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kab. Solok, berjarak kurang lebih 47 km dari Kota Solok dan 56 km dari Kota Padang. Untuk mengunjungi Danau ini anda dapat melakukan perjalanan dari Kota Padang ke rute Sitinjau Laut-Lubuk Selasih-Solok. Tempat ini merupakan tempat dengan pemandangan yang sangat bagus di daerah Sumatera Barat.
Danau Atas Bawah

Jam Gadang Ikon kota Bukittinggi Sumatera Barat

Jam Gadang

Siapa yang tak kenal tempat wisata menarik di Sumatera Barat Jam Gadang ini. Jam Gadang sebagai landmark dan lambang kota Bukittinggi, merupakan bangunan menara yang tinggi menjulang dengan megahnya, beratapkan khas Minangkabau, terletak di tengah kota Bukittinggi. Dari puncak menara Jam Gadang kita dapat menikmati dan menyaksikan betapa indahnya alam di sekitar kota Bukittinggi yang dihiasi Gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Ngarai Sianok. Selain itu, Jam Gadang juga berguna sebagai penuntun bagi masyarakat sekitar untuk mengetahui waktu. Hal yang unik pada Jam Gadang adalah angka 4 yang tertulis IIII.

Ngarai Sianok

Objek Wisata Ngarai Sianok Sumatera Barat berada di perbatasan Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, terpilih sebagai Objek Wisata Terbaik di Provinsi Sumatera Barat dan meraih penganugerahan Padang Tourism Award ( PTA ) 2007, karena mampu cepat pulih pascakerusakan berat akibat gempa 6,4 SR Maret 2007. Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam yang memiliki kedalaman sekitar 100 meter membentang sepanjang 15 kilometer dengan lebar sekitar 200 meter, memanjang dan berkelok dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai di Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir sampai daerah Palupuh, Agam serta memiliki pesona pemandangan yang indah. Keindahan alam Ngarai Sianok yang mempesona itu selalu diabadikan oleh wisatawan dengan mengambil foto-foto serta sebagai imajinasi bagi para pelukis.
Ngarai Sianok

Air Terjun Lembah Harau

Objek wisata Lembah Harau Sumatera barat merupakan cagar alam dengan bukit kapur yang curam dengan ketinggian 100 sampai 150 m yang terletak 14 km dari Payakumbuh. Di Lembah Harau juga ditemui lima buah air terjun yang selalu mencurahkan airnya yang jernih. Di tempat wisata air terjun ini juga tersedia fasilitas untuk berkemah bagi wisata remaja dan kegiatan mengelilingi cagar alam melalui jalan setapak. Direncanakan cagar alam ini akan menjadi taman margasatwa yang pertama di luar Pulau Jawa.
Lembah Harau


Pantai Pulau Sikuai

Tidak kalah dengan wisata pantai di Karimunjawa, Tempat wisata Pulau Sikuai di Sumatera Barat merupakan salah satu pulau yang terletak di sisi barat Pulau Sumatera hanya terletak sekitar setengah mil laut dari kota Padang dan dapat dicapai menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh 35 menit berangkat dari dermaga airud Bungus. Pengunjung pulau dapat menginap di hotel resort yang dilengkapi fasilitas hotel berbintang dua. Resort ini menyediakan 21 buah cottage dengan kapasitas sekitar 45 kamar. Selain menikmati keindahan pantai dan wisata bahari, trekking mengitari pulau atau menjelajahi hutan alam sampai panjat tebing juga dapat dilakukan oleh pengunjung Pulau Sikuai yang senang petualangan alam.
Pulau Sikuai


Lembah Anai 

Tempat wisata Lembah Anai adalah satu ikon pariwisata di provinsi Sumatera Barat. Lembah Anai terletak di pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi, tepatnya di Nagarai Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, sekitar 38 km dari arah Batusangkar. Lembah Anai adalah kawasan konservasi cagar alam Lembah Anai yang di tetapkan semenjak kolonial Belanda. Cagar Alam Lembah Anai adalah kawasan hutan lindung yang berada di Sumatera Barat, kawasan ini memiliki hutan tropis yang lebat dengan beraneka jenis flora dan fauna. Keindahan alam serta flora dan fauna yang langka adalah daya tarik dari Lembah Anai, keindahan alam tersebut di antaranya terdapat tiga air terjun dan satu telaga yang airnya berwarna kebiru-biruan.
Lembah Anai


Wisata Belanja di Pandai Sikek

Pandai Sikek dikenal sebagai daerah pusat kerajinan ukiran dan tenunan Kain Songket. Pandai Sikek terletak di kaki Gunung Singgalang lebih kurang 10 km sebelum memasuki kota Bukittinggi dengan pemandangan yang indah. Disini kita juga dapat melihat kehidupan masyarakat yang bertani secara tradisional. Desa ini memiliki 1000 buah alat tenun. Lukisan kayu dan perabot rumah tangga juga dibuat disini.
Pandai Sikek


Demikianlah Tempat Objek Wisata di Sumatera Barat , semoga anda menikmati artikel ini akhir kata admin mengucapkan terima kasih anda sudah mau membaa artikel wisata dari kami


Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: memolodys

3 komentar:

  1. wisata sumatra barat emang indah dan bagus..
    kunjungi kami bagi anda yang ingin melakukan wisata dan tour di Bukittinggi-Batusangkar-Sawahlunto
    trima kasih

    BalasHapus
  2. wisatanya keren,, top banget
    www.sepatusafetyonline.com

    BalasHapus