Ikuti Terus Update Kami

We'll not spam mate! We promise.

Selasa, 17 September 2013

Tempat Objek Wisata di Lampung

Tempat Objek Wisata di Lampung. Provinsi lampung yang terletak di ujung Pulau Sumatera dan berbatasan dengan Pulau Jawa sangat mempunyai daya tarik wisata yang mempesona. Ada banyak sekali objek wisata yang bisa di jumpai disana. Sumber daya alam dan ekosistem di Lampung sangat mendukung untuk di jadikan tempat pariwisata. Inilah Daftar Tempat Objek Wisata di Lampung yang paling favorit dan banyak di kunjungi wisatawan.

Wisata Pantai Pasir Putih

Wisata Pantai Pasir Putih merupakan wisata yang selalu ramai dikunjungi. Wisatawan lokal, daerah, maupun mancanegara setiap harinya akan memenuhi bibir pantai Pasir Putih. Bahkan pada hari libur, pantai Pasir putih akan terlihat berjubel dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, terutama keluarga dan anak-anak sekolah. Inilah yang menjadi salah satu kekurangan dari pantai pasir putih. Hal ini karena jarak tempuh Pantai Pasir Putih dengan Kalianda dan kota Bandar Lampung yang relatif dekat (20-30 menit). sehingga pada akhir pekan, pantai pasir putih merupakan salah satu pilihan untuk berlibur.
Pantai Pasir Putih

Air Terjun Way Lalaan 

Air Terjun Way Lalaan terletak di kaki Gunung Tanggamus dan merupakan air terjun bertingkat dengan jarak satu sama lainnya lebih kurang 200 m.  Air terjun ini  berasal dari aliran Way ((yang artinya sungai dalam bahasa Lampung) Lalaan yang bermuara ke Teluk Semangka.  Tumpahan air terjun memiliki ketinggian ± 11 m.
Air terjun ini telah di kenal sejak Tahun 1937 yaitu pada zaman pemerintahan kolonial Belanda yang telah membuat tangga semen menuju lembah air terjun
Fasilitas yang tersedia yaitu shelter, mushola, kamar ganti pakaian dan pelataran parkir yang cukup luas.

Air Terjun Way Lalaan

Waduk  Batutegi

Waduk  Batutegi terletak di Desa Harong Kecamatan Airnaningan, Tanggamus Kabupaten Tanggamus, Lampung.  Waduk/bendungan  yang dibangun dengan APBN dan bantuan Japan Bank For International Coorperation (JBIC) itu juga berfungsi sebagai pembangkit  listrik, penyediaan bahan baku air minum untuk kawasan Kota Bandar Lampung, Metro dan daerah Beranti di Kabupaten Lampung selatan, juga untuk pengairan persawahan seluas 66.000 ha .  Higga kini di jadikan objek pariwisata oleh ppemerintah setempat.
Waduk Batutegi

Pemandian Air Panas Way Belerang

Tempat rekreasi ini merupakan tempat pemandian yang sangat cocok untuk menjaga kesehatan kulit dan kesegaran tubuh. Kompleks pemandian ini dilengkapi dengan kamar bilas, kamar ganti, sarana parkir, kios-kios penjual makanan dan minuman.
Kawasan pemandian air panas Wayblerang ini, berada tepat di bawah kaki gunung Rajabasa, Kecamatan Kalianda. Secara administratif, tempat itu termasuk bagian wilayah dari Kelurahan Bumiagung. Tiketnya pun sangat murah. Apabila menggunakan kendaraan sepeda motor, pengunjung hanya dikenakan biaya sebesar Rp5 ribu. Tetapi jika pengunjung datang menggunakan mobil, tiket yang harus dibayar sebesar Rp10 ribu. Tetapi itu belum termasuk tiket per kepala.
Dalam lokasi itu, pengunjung dapat menentukan beberapa pilihan. Selain pemandian air panas Wayblerang, pengunjng juga dapat mandi di kolam renang air tawar, atau bersantai di rumah panggung tinggi,
Way Belerang

Pantai Marina

Ingin wisata pantai? Datanglah ke bibir Pantai Teluk Lampung yang terbentang dari Kalianda di Lampung Selatan hingga Bandar Lampung. Sebuah kawasan teluk dengan pantai yang indah dan selanjutnya ke Teluk Semangka di Tanggamus.
Sumber air panas Way Belerang, Pantai Wartawan, Kalianda Resor, Laguna Helau, Merak Belantung, Pasir Putih, Tanjung Selaki, Pulau Pasir, Pantai Marina adalah kawasan wisata pantai di Teluk Lampung di wilayah Lampung Selatan.
Ada Pantai Marina dan Kalianda Resor. Pantai Marina memiliki pemandangan indah dengan batu-batu karang yang bentuknya beraneka ragam.
Menurut cerita rakyat, ada batu karang yang disebut Batu Balai merupakan tempat Pangeran Cindar Bumi menerima tamu. Pantai ini terletak di Kecamatan Sidomulyo 43 kilometer dari Bandar Lampung atau 22 kilometer dari Kalianda. Fasilitas yang tersedia di sini beragam.
Pantai Marina

Taman Wisata Bumi Kedaton

Taman wisata ini lebih mirip kebun binatang karena menghadirkan sejumlah hewan mulai dari gajah sumatera (Elephas maxsimus sumatrensis) yang didatangkan dari Taman Nasional Way Kambas (TNWK), siamang (Symphalangus syndactylus), beruk (Macaca nemestrina), kera ekor panjang (Macaca fascicularis), ayam hutan (Gallus gallus), elang (Folconidae), biawak (Varanus salvator), dan berbagai jenis ayam dari Cina, Arab, dan Australia.
Pengunjung Taman Wisata Bumi Kedaton sebagian besar keluarga yang membawa anak-anak. Pengunjung bisa berkeliling menunggang kuda disekitar taman. Tujuan didirikan taman wisata ini ingin memberikan hiburan alternatif bagi warga.
Perjalanan menuju ke taman wisata ini juga didapati pedagang buah-buahan seperti durian dan pepaya. Pengunjung bisa menikmati durian segar yang baru jatuh dari pohon saat musim durian tiba
Bumi Kadaton

Gunung Rajabasa

Gunung Rajabasa berada di sisi selatan Kabupaten Lampung Selatan. Posisinya tepat berada di antara Kalianda yang merupakan Ibukota Kabupaten dengan Pelabuhan Bakauheni. Kedua titik ini dihubungkan oleh Jalan Raya Lintas Sumatera (Jalinsum) yang mengelilingi sisi utara dari gunung berketinggian 1.281 meter di atas permukaan laut ini. Sisi selatan gunung ini berhadapan langsung dengan laut lepas dan menyimpan sejumlah objek wisata alam nan eksotis.
Touring menggunakan sepeda menjadi salah satu pilihan aktivitas yang menyenangkan. Anda bisa berkeliling dengan sepeda sambil menikmati keindahan alam yang disajikan kawasan pesisir Rajabasa. Menjelajah alam di akhir pekan di kawasan ini bisa menjadi pilihan untuk sejenak membebaskan pikiran dari rutinitas keseharian yang membuat jenuh
Gunung Rajabasa

Gunung Krakatau

Para wisatawan yang akan berkunjung ke Kepulauan Krakatau bisa memilih berbagai rute disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Alternatif yang pertama adalah berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priuk dengan naik Jet-Foil atau Kapal Phinisi Nusantara. Jalur selanjutnya adalah dari Pelabuhan Labuan, Banten. Dari sini anda dapat menyewa kapal motor atau kapal nelayan yang berkapasitas antara 5 sampai 20 orang. (http://khatulistiwa.info/gunung/33-gunung-krakatau.html).Wisatawan juga bisa berangkat dari kawasan Pantai Anyer atau Pantai Carita Propinsi Banten Jawa Barat, yang letaknya kurang lebih 130 km sebelah barat Jakarta. Di sini terdapat sejumlah penginapan antara lain: Hotel Marbella Anyer, Carita Bay Resort atau Kondominium Pantai Carita (Lippo Carita Resort), Hotel Mutiara Carita Cottages, Wira Carita Hotel, Desiana Cottages, Krakatau Surf, Sunset View Hotel, dan Rakata Hotel.
Beberapa fasilitas rekreasi yang lebih menantang juga tersedia. Misalnya saja naik Jetski keliling pantai dengan beaya sewa Rp. 250.000 selama 15 menit. Sebelum menggunakan kendaraan ini, kita akan diberi tahu terlebuh dahulu bagaimana cara menghidupkan dan mengemudikan Jetski dan mendapatkan jaket pelampung.
Gunung Krakatau

Pantai Puri Gading

Pantai Puri Gading merupakan obyek wisata bahari yang terletak di jalan RE. Martadinata kelurahan Sukamaju, Kecamatan Telukbetung Barat. Letaknya bersebelahan dengan Pantai Duta Wisata dan Pantai Tirtayasa. Infrastruktur seperti jalan di sekitar lokasi cukup baik berupa jalan aspal sebagai penghubung ke jalan utama. Untuk mencapai ke lokasi ini pengunjung melintasi perumahan Puri Gading yang memang sebelumnya obyek wisata bahari ini diperuntukkan oleh penduduk yang bermukim di perumahan Puri Gading yang kemudian dibuka untuk umum sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat lainnya selain penduduk di perumahan ini. Waktu yang dibutuhkan untuk ke lokasi ini sekitar 20 menit dari Tanjungkarang yang jaraknya ±14 km.
Angkutan umum pun telah tersedia sehingga akan memudahkan pengunjung untuk berwisata di pantai ini. Daya tarik wisata ini adalah pemandangan alam Teluk Lampung yang memang posisinya bersebelahan dengan Pantai Duta Wisata selain itu berbagai fasilitas rekreasi yang tersedia di Pantai Puri Gading menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Salah satu fasilitas yang menarik untuk dicoba adalah paket perjalanan menuju lokasi-lokasi yang menarik untuk dikunjungi dan juga tempat penyewaaan perahu.
Fasilitas lainnya berupa fasilitas olah raga air seperti kano, banana boat, dan jetski serta kapal yang disediakan untuk perjalanan ke Krakatau. Ombak yang relatif tenang dan seuasana yang sejuk dan nyaman menjadi alasan utama bagi pengunjung untuk berwisata dan juga para olahragawan air yang ingin berlatih ke obyek wisata ini
Puri Gading

Taman Hutan Kera

Taman Hutan Kera (THK) atau yang biasa disebut Hutan Monyet, sejatinya dapat menjadi alternatif tempat wisata yang murah meriah. Sayang, kondisinya makin tak terawat dan memprihatinkan.
Padahal, hampir setiap sore tempat ini dikunjungi oleh warga dari lingkup Kota Bandarlampung. Artinya, keberadaan THK memang memiliki daya tarik tersendiri di mata warga, sehingga berpotensi untuk dikembangkan sebagai tempat wisata.
Di tempat ini, pengunjung dapat menyaksikan tingkah polah ratusan monyet liar yang lucu dan mengundang tawa. Namun, tidak adanya perhatian dari pemerintah daerah, bukan tidak mungkin akan membuat species primata itu lambat laun menjadi punah. Pasalnya, sejauh ini kelompok satwa ekor panjang tersebut hanya makan dari daun dan buah-buahan yang ada, termasuk dari pemberian pengunjung yang ala kadarnya.
Hutan Monyet

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan merupakan perwakilan dari rangkaian pegunungan Bukit Barisan yang terdiri dari tipe vegetasi hutan mangrove, hutan pantai, hutan pamah tropika sampai pegunungan di Sumatera. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan membentang dari Propinsi Bengkulu di sebelah utara, mengikuti punggung pegunungan Bukit Barisan meluas ke selatan, sampai Tanjung Cina-Belimbing di ujung selatan propinsi Lampung.
Taman nasional ini diresmikan dengan adanya Pengumuman Menteri Pertanian pada tanggal 14 Oktober 1982 dalam Kongres Taman Nasional Seduani III di Denpasar, Bali. Semula status kawasan taman nasional ini adalah Suaka Margasatwa Sumatera Selatan I yang ditunjuk berdasarkan Besluit Van der Gouverneur Van Nederlandsch Indie No. 48 STB 621 tanggal 24 Desember 1935. 
Perubahan dan pengembangannya dari Suaka Margasatwa menjadi Taman Nasional tidak lain adalah perwujudan upaya konservasi untuk melindungi dan melestarikan kekayaan sumber daya alam yangterkandung di dalamnya. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan menyuguhkan tantangan kepada para pengunjung untuk menikmati kekayaan dan keindahan alamnya.

Teluk Kiluan 

Teluk Kiluan terletak di Propinsi Lampung, yang terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, ikan paus disekitaran Teluk Kiluan. Daerah ini juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi para pemancing handal. Setiap tahun diadakan lomba memancing di Teluk Kiluan yang diikuti oleh master-master pemancing seluruh Indonesia.
Teluk Kiluan terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Wisata alam Teluk Kiluan cocok bagi Wisatawan yang gemar berpetualang. Topografinya yang berbukit dan berlembah menarik untuk dijelajahi. Di Teluk ini juga kita bisa menjumpai kawanan lumba-lumba. Setidaknya ada dua jenis Lumba-Lumba di perairan ini, spesies pertama adalah Lumba-Lumba Hidung Botol (Tursiops Truncatus) dengan badan yang lebih besar dan pemalu. Spesies yang kedua adalah Lumba-Lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil dan senang melompat. Selain melihat lumba-lumba, kegiatan lainnya adalah bersenorkling menikmati terumbu karang di sekitar pulau Kiluan. Teluk Kiluan juga menyimpan pesona alam yang masih alami dan terjaga ekosistemnya.
Teluk Kiluan

Petilasan Patih Gajah Mada lampung

Makam yang terletak di Pugung Tampak dipercaya merupakan Makam Maha Patih Kerajaan Majapahit yang terkenal yaitu Patih Gajah Mada. Konon dahulu kala Kapal yang ditumpangi Patih Gajah Mada tenggelam di perairan Pugung, setelah tiba di Pugung Patih Gajah Mada jatuh sakit hingga akhirnya meninggal dan dimakamkan di Pekon Pugung.

Danau Ranau 

Danau Ranau adalah salah satu danau yang cukup terkenal di Lampung. Saat ini Danau Ranau terbagi menjadi dua bagian yaitu Palembang dan Lampung Barat, Danau Ranau bagian Lampung Barat terletak di pekon Lombok Lampung Barat , 24 km dari Liwa, Danau ini di kelilingi bukit bukit dan Gunung Seminung.
Danau Ranau

Arung Jeram Way Besai

Dikenal memiliki Jeram Kelas II, sehingga rowrowyour-boat1tidak heran jika setiap tahunnya banyak orang berkunjung kesini untuk melakukan kegiatan Arung Jeram, dan pengunjungnya tidak hanya yang berasal dari Lampung tapi juga banyak yang datang dari luar Lampung seperti Jawa dll
Arung Jeram

Event Budaya

Seperti Pesta Sekura yang diadakan setiap hari Lebaran dan Festival Teluk Stabas yang di adakan setiap bulan July, kegiatan pada Festival Teluk Stabas meliputi : Arung Jeram, Jelajah Alam, Kebut Wisata Liwa, Layang-layang, Atraksi Damar, Volley Pantai, Kebut Gunung Pesagi, Pacu Kambing, Muayak, Lomba tari Kreasi, Lomba Lagu Daerah, Lomba Muli-Mekhanai.
Event Budaya

Pantai Labuhan Jukung

Ini salah satu lanjutan pemandangan di labuhan jukung,,pantai nya indah lan alami,,jadi bgi yg blum prnah ksini,,dtengg aja skeluarga gk bkal nyesel,soal nya sebelum krui ada pantai melasti dengan pura tirta buana di desa bali yoga,dan wisata tanjung setia. Selain keindahan dan kebersian Pantainya, di Labuhan Jukung kita juga dapat menikmati suasana dikala mata hari terbenam ( Sunset ) yang tak kalah indah dengan Pantai Kuta Bali
Pantai Labuhan Jukung

Pantai Tanjung Setia

Pernah mendengar pantai Tanjung Setia, Krui, Lampung? Jika belum, sedikit malulah sebagai orang Indonesia. Sebab pantai ini cukup terkenal di luar negeri. Buktinya, hampir setiap hari ada saja wisatawan asing yang berkunjung ke pantai ini.Obyek wisata yang satu ini adalah obyek wisata yang paling terkenal sampai ke luar negri.
Dengan ketinggian ombak 5 m dan panjang gelombang 200 m, Tanjung Setia menjadi salah satu Pantai dengan ombak tertinggi di dunia, setiap tahunnya tidak kurang dari 100.000 wisatawan asing yang berasal dari Australia, Portugal, Belanda, Jepang dan Amerika berkunjung ke pantai ini untuk melakukan aktifitas Surfing.
Pantai Tanjung Setia

Berburu Blue Marlin

Berburu Blue Marlin di Lampung Barat - Anda hobi memancing? Kalau iya, jangan lewatkan berburu ikan blue marlin di perairan Krui, Lampung Barat, Lampung. Untuk mencapai ke wilayah ini, Anda bisa sewa kapal motor yang harganya bisa dinegosiasikan dengan nelayan setempat.
Merupakan suatu aktivitas Pemancingan Internasional ikan Blue Marlin, tidak sedikit wisatawan mancanegara yang melakukan aktifitas pemancingan Blue Marlin di sini.
Blue Marlin adalah ikan yang habitatnya hanya di Perairan Pesisir. Dengan telah di bangunnya Dermaga Tembakak, kita dapat melakukan aktifitas pemancingan Ikan Blue Merlin mulai dari Lemong hingga Bengkunat
Blue Marlin

Perkebunan Kopi Robusta

Robusta memiliki kadar kafein yang lebih tinggi dibanding Arabika. Rasa kopi Robusta lebih netral dibanding Arabika. Robusta biasanya digunakan untuk produk kopi instan.
Sekarang, mari kita berkunjung ke perkebunan kopi. Di daerah semitropis, yang cocok untuk tanaman kopi, Anda akan menemukan hamparan semak-semak kopi. Daun-daunnya berwarna hijau tua dan berkilau. Perkebunan kopi tampak hijau sepanjang tahun.
Kopi Robusta

Budidaya Laut dan Mutiara lampung

Wisata Indonesia Balai Budidaya Laut Mutiara terletak di Desa Hanura, Sekitar 16 km arah Barat Bandar lampung yang merupakan tempat penelitian terhadap pengembangan jenis Ikan Laut yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti jenis Ikan Napoleon, Kerapu, Bebek, Kakap, dan Biota Laut lainya seperti Kuda Laut, Tiram, Kima, dan lainya. Dengan di pandu petugas yang ada di Balai Budidaya laut Mutiara anda dapat melihat dari dekat pengembangan Wisata Agro Budidaya Mutiara dari pemilihan induk, perkawinan, pemijahan, dan pembesaran di keramba jaring apung pada laut teluk kecil di sekitar lokasi Budidaya.
Budidaya Mutiara

Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih benar-benar menggambarkan suasana yang menggoda dan menyegarkan mata dan jiwa Anda. Alam yang menakjubkan dan lokasi yang hanya berjarak 20 kilometer dari kota Bandar Lampung menjadikan pantai ini sebagai objek wisata andalan di Lampung. Pantai Pasir Putih ini berlokasi di Desa Tarahan, Lampung Selatan. Dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar 30 menit.
Pantai Pasir Putih

Pantai Wartawan

Terletak di Desa Way Muli Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan, Pantai Wartawan menyuguhkan fenomena unik. Tak hanya keindahan lansekap alamnya, pantai ini memiliki fenomena aneh dengan kehadiran kepulan uap panas yang disertai dengan percikan air yang memancar di sela-sela batuan karang terutama saat air laut surut.
Tak hanya berasal dari satu titik saja, sumber air panas tersebut juga tersebar hingga mencapai belasan sumber mata air panas. Hingga seringkali anda bisa melihat kepulan asapnya seakan saling bersahutan bergiliran. Sumber mata air panas di Pantai Wartawan ini konon ditengarai berasal dari anak Gunung Krakatau yang hingga kini masih aktif.
Dikatakan unik sekaligus aneh, karena pada umumnya keberadaan sumber air panas hanya ada pada daratan yang jauh dari pantai. Namun di pantai ini anda bisa menemukan belasan sumber mata air panas di balik air lautnya. Terutama saat pagi dan sore hari, di saat air laut sedang surut. Titik sumber air panas tersebut tidak nampak karena tertutupi permukaan air laut jika laut sedang pasang.
Pantai Wartawan

Pulau Condong Sulah

Bagi anda yang gemar berwisata terutama wisata bahari, anda tentunya tak boleh melewatkan tempat yang satu ini. Pulau Condong Sulah di Lampung, banyak keistimewaan dari pulau ini. Selain memiliki pasir putih  yang masih orisinil, pulau ini juga diyakini memberikan efek positif bagi siapa saja yang akan berwisata.
Pulau Condong Sulah  sendiri merupakan pulau kecil yang terletak di teluk Lampung, biasa disebut Pulau Condong Saja.  Pulau ini bentuknya mirip seperti kubah, tapibanyak juga yang menapsirkanseperti gundukan tanah besar.
Bagi anda yang akan mengunjungi Pulau Condong, bisa menggunakan boat atau perahu tempel yang sudah tersedia di sana. Tidak sampai harus merogoh locek anda, hanya dengan sepuluh menit anda akan sampai ke pulau ini.  Cukup membayar Rp 20 ribu per orang  atau dengan mencarter boat seharga Rp 250.000, anda akan sampai di pulau impian tersebut.
Pulau Condong

Pulau Sebesi

Senyum dan sapaan ramah siap menyambut siapa saja yang berkunjung ke Pulau Sebesi. Pulau berpenduduk 2700 jiwa ini terletak di Selat Sunda, lautan yang memisahkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Termasuk wilayah Lampung Selatan, Pulau Sebesi bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dari Pelabuhan Canti di Kalianda. Tenang saja, kita tak akan bosan di kapal karena banyak pemandangan indah pegunungan dan pulau-pulau kecil sepanjang perjalanan. Setelah melewati Pulau Sebuku dan Pulau Umang, dari kejauhan terlihat sebuah gunung di tengah lautan. Nah, itu dia Pulau Sebesi. Yuk bertualang di sana!
Pulau Sebesi
Demikianlah artikel wisata kita hari ini. Semoga artikel yang berjudul Tempat Objek Wisata di Lampung bermanfaat bagi anda semua. Salam wisata..

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: memolodys

1 komentar: