Ikuti Terus Update Kami

We'll not spam mate! We promise.

Sabtu, 21 September 2013

Tempat Objek Wisata di Garut


View Larger Map Tempat Wisata di Garut Jawa Barat. Kabupaten Garut, adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Tarogong Kidul. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sumedang di utara, Kabupaten Tasikmalaya di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung di barat.

Mau jalan-jalan ke Garut, Garut ada banyak objek wisata yang menarik untuk anda kunjungi bersama keluarga. Contohnya daftar yang saya berikan di bawah ini adalah nama-nama tempat wisata yang ada di Garut. Silahkan anda baca referensinya dulu,sebelum anda berwisata.

Pantai Cijeruk Indah

Pantai Cijeruk Indah adalah merupakan objek dan daya tarik wisata pantai di Kabupaten Garut yang terletak di Desa Sagara dan di Pameungpeuk, Garut, Provinsi Jawa Barat. ODTW ini dikelola oleh Kompepar Yayasan Cijeruk Indah. Aspek fisik ODTW ini berupa konfigurasi umum lahan pantai ini berupa dataran, dengan kemiringan landai, stabilitas tanah sedang dan daya serap tanah baik. Jenis material tanah di Pantai Cijeruk Indah berupa pasir pantai di pesisir pantai. Warna air kawasan ini ada 2 buah, warna biru terletak di pesisir dan tengah pantai serta warna hijau kecoklatan terdapat di pertemuan muara. Bau dan temperatur air normal dengan tinggi gelombang rata-rata < 1 m (musim hujan 2-3 m sedangkan kemiringan dasar laut landai dan material dasar laut kawasan ini adalah pasir halus, lumpur, batu karang, pasir kasar dan kerikil. Flora laut dominannya rumput laut sedangkan fauna laut dominannya adalah ikan hias, siput, kerang, ikan Cangkel dan ikan tenggiri. Material pantai berupa pasir halus dan warna material alami kawasan ini adalah putih bersih.

Sarana umum terdekat / sekitar kawasan berupa fasilitas kesehatan, fasilitas keamaanan dan fasilitas ibadah. Dan akses jalan berupa jalan Provinsi dengan kondisi cukup (dalam perbaikan), lebar jalan 4 m dan jalan setapak panjang 8 km, lebar 0,5-1,5 m. frekuensi transportasi umum dari terminal terdekat berupa bus yang tidak terjadwal, angkutan kota yang terjadwal dari jam 5 pagi-jam 5 sore. Dan tarif kendaraan tersebut,yaitu:
  • Bis Umum dengan tarif Rp. 12.000 / orang
  • Bis kota dengan tarif Rp. 10.000 - 15.000 / orang
  • Garut - Pameungpeuk : Rp. 10.000/orang
  • Bandung - Pameungpeuk : Rp. 15.000/orang
  • Angkot dengan tarif Rp. 5.000 - 6.000 / orang
  • Ojeg dengan tarif Rp. 25.000 / orang.

Untuk menuju pantai Cijeruk Indah kualitas pemandangan sepanjang jalan cukup, dan keamanan perjalanannya pun baik. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan umumnya berupa berperahu, memancing dan menikmati pemandangan, sedangkan aktivitas yang berpotensi untuk dikembangkan antara lain : fotografi, rekreasi pantai, berjemur, berkemah, dan penelitian flora
Pasir Putih Cijeruk Indah

Pantai Rancabuaya 

Pantai Rancabuaya adalah salah satu pantai di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Pantai Rancabuaya merupakan salah satu objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Garut. Pantai yang memiliki batu-batu karang besar ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak yang cukup besar. Yang menarik dari pantai ini adalah banyaknya batuan karang yang cukup besar, juga terdapat tebing batuan yang cukup tinggi dan yang istimewa dari pantai ini adalah adanya air terjun atau sering disebut Curug yang langsung menghadap kepantai. Hal lain yang menarik yaitu banyaknya ikan-ikan kecil yang terperangkap dikarang-karang yang terbawa oleh ombak.

Pantai Rancabuaya memang kurang promosi sehingga kurang begitu terkenal. Namum pantai ini memiliki potensi wisata yang cukup besar yaitu dengan adanya akses jalan yang cukup lancar dan mulus sehingga mudah dijangkau. Sedang dilakukannya pembangunan infrastruktur baru.
Sunset Rancabuaya

Fasilitas Wisata :


  • Tempat parkir yang cukup luas
  • Lesehan khas daerah pantai yang cukup banyak
  • Pondokan yang dapat kita sewa
  • Terdapat saung-saung wisata yang dapat kita sewa
  • Akses jalan yang memadai serta fasilitas lainnya.

Pantai Santolo 

Pantai Santolo adalah sebuah pantai yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Garut tidak hanya terkenal dengan Jeruk Garut tetapi salah satu pantai yang populer terdapat di Kabupaten Garut yaitu Pantai Santolo. Terletak di kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota Garut atau biasa disebut Garut Selatan, Garsel atau Garsela, jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut Kota. Pantai ini cukup dikenal di kota Bandung dan merupakan daerah tujuan wisata . 

Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk. Menikmati panorama pantai dan biota laut,merupakan aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisatawan untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.

Askes ke Pantai Santolo :

Ada beberapa route jalan yang dapat dipergunakan untuk tiba di pantai santolo Garut Jawa Barat diantaranya adalah Jalur pertama melalui terminal Garut dilanjutkan ke santolo. Jalur Lainnya adalah melewati Cianjur - Cidaun - Rancabuaya - Santolo, dan Jalur terdekat untuk wisatawan dari Bandung ialah melewati ranca bali - Naringgul - Cidaun - Rancabuaya - Santolo. Wisatawan dari Bandung bisa melalui Jalur alternatif yaitu melalui Pangalengan
Pantai Santolo

Wisata Cipanas

Cipanas berasal dari dua kata yang terdiri dari kata Ci yang berarti air dan panas tentunya panas dan bila di gabungkan jadi air panas. Nah itu dia cipanas merupakan objek wisata di kabupaten Garut yang tidak jauh dari pusat kota Garut sekitar 15menit di tempuh dengan angkutan perkotaan. Di Cipanas menyimpan keunikan tersendiri yang dimana objek wisata Cipanas memiliki sumber air panas terbesar di dunia., tak khayal disana banyak kolam air panas yang bisa dijadikan tempat rileksasi bagi pengunjung. Cipanas sendiri memiliki latar belakang backgroud gunung Guntur yang Indah untuk dipandang, dan gunung Guntur sendiri merupakan sumber keluarnya air panas yang mengalir ke objek wisata cipanas.
Di sanapun ada taman air dengan air panas terbesar di dunia dan di Indonesia hanya satu.
Wisata Cipanas

Situ Cangkuang

Merupakan situ terluas di Garut,
dengan luas sekitar 124 Ha. Berjarak sekitar 14 Km dari kota Garutmelewati jalan yang diapit sawah yang luas. Anda bisa mengelilingi situ ini dengan menggunakan rakit bambu milik masyarakat pariwisata setempat sambil menikmati segarnya udara pegunungan.
Situ Cangkuang

Arung jeram arus cikandang dan cimanuk

Siapa yang punya adrenalin yang tinggi aio coba adrenalinmu disini dengan pesona arus yang dahsyat dan tentunya disuguhi panorama yang indah di sepanjang arus sungai. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Garut memiliki potensi wisata arung jeram yang sangat menantang dengan pemandangan yang sangat indah,
tepatnya di dua sungai yaitu Cikandang dan Cimanuk.
Arung Jeram

Curug Orok

Curug / air terjun Orok terletak di
perkebunan teh papandayan, air
terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 Meter. Keunikan air
terjun ini ialah terdapatnya sungai
sungai bawah tanah berair sangat
bening. Curug Orok terdapat sekitar 35 Km dari kota Garut ke arah Bungbulang.

Curug Orok

Kawah Papandayan

Cisurupan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Di sini terdapat sebuah obyek wisata yang sangat terkenal di Jawa Barat, yaitu Kawah di Gunung Papandayan. Dahulu di kecamatan ini terdapat Stasiun Cisurupan yang sudah tidak aktif semenjak Jalur kereta api Cibatu-Cikajang ditutup sekitar tahun 1980-an.

Kabupaten Garut Yang dikeliling pegunungan dan tentunya Gunung gunung berapi yang ada disekitarnya menyimpan keindahan tersendiri bagi para pengunjung. Kawah gunung Papandayan yang tentunya berada di Gunung papandayan tepatnya di kecamatan Cisurupan arah selatan Garut dengan jarak tempuh sekitar 1 jam atau sekitar 30km dari kota Garut. Medan yang dihadapi untuk menuju kawah tidaklah berat karena bisa seratus persen pengunjung tidak berjalan kaki melainkan bisa langsung ke kawah dengan menggunakan ojek dari area parkir awal.
Kawah Papandayan

Kawah Darajat

Kawah darajat saat ini bisa dikatakan sebagai objek wisata primadona baru di Garut. Di Wisata Kawah darajat pengunjung bisa berendam di air panas dan bermain playing fox yang lumayan memacu adrenalin. Disamping itu pengunjung disajikan pemandangan area pertanian yang memukau dan di daerah darajat sendiri ada salah satu perusahaan luar yang mengelola  sumber daya alam berupa panas bumi.

Pasar Ceplak

Pasar Ceplak adalah pasar makanan yang terletak di Jl. Siliwangi Garut. Dalam bahasa Sunda, céplak atau nyéplak berarti makan dengan bersuara karena mulut terbuka.
Menurut para pedagang yang sudah lama berjualan di tempat itu mengatakan bahwa Céplak memang ada asal-usulnya.

Bermula dari tahun 1970-an, ketika negara kita sedang mengalami musim kemarau yang berkepanjangan, akibatnya banyak masarakat yang mampu makan nasi oyék yang dicampur singkong. Keadaan seperti ini sering menjadi bahan gurauan dan pembicaraan para pedagang di Garut. Di antara yang sering menjadi bahan gurauan adalah bagaimana nikmatnya makan oyék sambil céplak. Akhirnya kata céplak tersebar dari mulut ke mulut dan pasar itu dikenal sebagai Pasar Céplak.

Di pasar ini kita bisa menemukan berbagai macam makanan, baik itu makanan tradisional khas Sunda seperti mayang, gegetuk, ataupun makanan lain seperti sate, soto, martabak, dan lain sebagainya.
Pasar Ceplak

Objek Wisata lain di Garut


  1. Leuweung Sancang
  2. Pantai Cijeruk Indah
  3. Pantai Karang Paranje
  4. Pantai Sayang Heulang
  5. Pantai Santolo
  6. Taman Manalusu
  7. Pantai Cijayana
  8. Taman Ranca Buaya
  9. Taman Golf Ngamplang
  10. Air Terjun Neglasari
  11. Kampung Dukuh
  12. Makam Cinunuk Hilir
  13. Curug Orok
  14. Curug Sanghyang Taraje
  15. Curug Cihanyawar
  16. Gunung Papandayan
  17. Taman Satwa Cikembulan
  18. Golf Course Flamboyan
  19. Kawah Darajat
  20. Makam Godog
  21. Talaga Bodas
  22. Situ Bagendit
  23. Curug Citiis
  24. Curug Kancil Cibatu
  25. Cipanas
  26. Candi Cangkuang
  27. Situ Cangkuang
  28. Curug Cimandi Racun


Nah itu tadi adalah daftar tempat wisata di Garut Jawa Barat yang banyak di kunjungi. Anda juga jangan mau kalah, jangan sampai melewatkan daftar yang saya kasih d atas. Cintai Wisata Indonesia dan lestarikan terus alam yang indah ini di bumi kita Indonsia

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: memolodys

0 komentar:

Posting Komentar